Simak Kelebihan Kubah GRC sebagai Kubah Masjid

 

Kubah menjadi elemen yang menunjukkan bahwa bangunan merupakan masjid dan tempat beribadah bagi umat muslim. Hampir seluruh masjid menggunakan kubah yang diletakkan di sisi atas sebagai penanda masjid.

Berbagai variasi jenis kubah pun terus berkembang seiring perkembangan zaman termasuk dari bahan dan material pembuatannya. Salah satu jenis kubah dari sekian jenis kubah yang sering dipakai untuk pembangunan masjid yaitu kubah GRC. Terdapat berbagai keunggulan dari kubah GRC dibandingkan jenis kubah masjid lain yang bisa Anda simak melalui artikel berikut.

Kelebihan Kubah GRC sebagai Kubah Masjid

Pemasangan kubah selain menjadi identitas bagi keberadaan masjid ternyata juga bertujuan sebagai estetika. Fungsi kubah masjid yang dapat memperindah bangunan masjid ini menjadikan pemilihan jenis kubah harus dilakukan secara tepat untuk menunjang kenyamanan beribadah di dalam masjid.

Berikut merupakan sejumlah keunggulan kubah GRC yang harus Anda simak sebelum memilih menggunakannya.

Proses Pembangunan Tidak Memakan Waktu yang Lama

Keunggulan pertama dari kubah GRC yaitu proses pembangunan lebih cepat daripada jenis kubah yang lain. Pembuatan kubah GRC tidak dilakukan pada tempat yang sama dengan pembangunan masjid sehingga dapat langsung dipasang. Proses memasang kubah jenis ini juga terbilang lebih cepat dan mudah.

Material yang Ringan

Material penyusun kubah GRC memiliki berat yang relatif ringan daripada kubah beton yang lain. Hal ini bisa mengurangi beban stuktur bangunan bahkan membuat bangunan masjid memiliki ketahanan terhadap gempa.

Biaya Produksi dan Pemasangan Lebih Murah

Dibandingkan jenis kubah lainnya seperti kubah beton, kubah GRC memiliki harga yang lebih murah. Murahnya biaya produksi dan pemasangan menjadi keunggulan dari kubah GRC. Sebab sisa biaya dapat dialokasikan untuk ornamen dan hiasan sehingga membuat tampilan masjid lebih indah.

Lebih Kokoh

Bahan kubah GRC terbuat dari beton fiber yang diketahui daya tahan kuat dan lebih kokoh. Hal ini menjadikan kubah jenis ini memiliki kemampuan dalam menahan beban. Tidak hanya itu, kubah GRC juga mempunyai ketahanan terhadap cuaca baik panas ataupun dingin sehingga lebih awet.

Memiliki Bentuk Presisi

Apabila ditinjau berdasarkan bentuknya, maka tingkat presisi kubah GRC lebih baik dibandingkan kubah yang lain. Pembuatan kubah GRC menggunakan metode cetak sehingga sisi bentuk kubah bisa presisi dan rata.

Tentu saja kubah ini berbeda dengan kubah lain yang pembuatannya langsung pada lokasi pembangunan masjid. Kubah yang dibuat langsung sering mempunyai bentuk tidak presisi sebab tidak dibuat dengan cetakan.

Baiklah, mungkin itu saja penjelasan mengenai beberapa keunggulan dari kubah GRC yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum memutuskan jenis kubah yang akan digunakan. Anda bisa membandingkan jenis kubah GRC dengan kubah jenis lainnya untuk mendapatkan kubah masjid yang paling sesuai terhadap kebutuhan Anda.

https://hamdalahkubahkreasindo.com/